Home | News | Tiga Unit Mobil Damkar Dikerahkan Bersihkan Lumpur Vulkanik

Tiga Unit Mobil Damkar Dikerahkan Bersihkan Lumpur Vulkanik

DSC01102DSC01103DSC01106DSC01107KlatenNet_Sebanyak tiga mobil pemadam kebakaran (PMK) dan lima mobil tangki air BPBD Klaten, dikerahkan untuk membersihkan lumpur abu vulkanik letusan Gunung Kelud,  dari ruas-ruas jalan Kota Klaten(14/2). Penyemprotan yang juga melibatkan puluhan personil TNI ini, guna meminimalkan tumpukan abu di jalanan, yang dianggap berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Sebelum dilakukan penyemprotan menggunakan air, puluhan personil tni membersihkan lumpur abu vulkanik Gunung Kelud, bersama tim SAR Kabupaten Klaten. Sebanyak tiga mobil dari PMK, dibantu lima unit mobil tanki air dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) LKlaten ini langsung menyemprotkan air di jalan-jalan.  Penyemprotan akan dimulai dari ruas jalan protokol,  kemudian berlanjut ke wilayah pemukiman jika diperlukan. Guyuran abu yang berlangsung sejak jumat dini hari tersebut, cukup tebal disepanjang jalur jalan raya di Kota Klaten, dan berpeluang membahayakan. Angin kencang diprediksi masih terjadi di wilayah Klaten dan menggangu jarak pandang pengendara.

Dalam melakukan proses pembersihan, tim gabungan tersebut sempat mengalami kendala. Pasalnya, arus lalu lintas kendaraan semrawut di jalan protokol tersebut. namun kendala tersebut tidak berlangsung lama, setelah Satlantas Polres Klaten ikut membantu mengatur lalu lintas.

Pembersihan jalan ini, sepanjang kurang lebih lima kilometer. Akibat hujan abu itu kawasan Jalan Pemuda, Kota Klaten tertutup debu dengan ketebalan lebih dari satu sentimeter. Kondisi itu semakin parah ketika dilalui kendaran, debu tersebut menyebar dan menggangu jarak pandang para pengguna jalan.