Home | KlatenTV | Sapi Kontes Klaten 2019, Sapi Seberat Hampir 1 Ton Juara
DCIM100MEDIADJI_0455.JPG

Sapi Kontes Klaten 2019, Sapi Seberat Hampir 1 Ton Juara

Puluhan ekor kambing dan sapi terbaik di kecamatan kemalang, Kabupaten klaten mengikuti Kontes Ternak di komplek embung tirta mulya desa tegalmulyo kecamatan kemalang klaten. Sabtu-minggu (31/8-1/9 2019).

Puluhan ekor kambing dan sapi itu berjajar di kandang yang telah disiapkan panitya di bibir embung. ternak yang diikutsertakan dalam kontes sebanyak 90 ekor sapi dan kambing 100 ekor. Beberapa jenis ternak yang ikut kontes yaitu jenis limosin, sapi PO, dan kambing etawa maupun peranakan morino.
Panitya kontes, priyono priyo sarono mengatakan Kontes Ternak digelar untuk meningkatkan pengetahuan para peternak di wilayah lereng merapi. Sekaligus untuk memotivasi peternak di kecamatan kemalang supaya lebih semangat dan serius dalam beternak. Selama ini masyarakat masih beranggapan beternak merupakan pekerjaan sampingan. Padahal, beternak bisa menjadi sumber penghasilan untuk keluarga.
Sementara bupati klaten, sri mulyani menginginkan supaya peternak di lereng merapi ini serius mengembangkan ternaknya, pasalnya harga satu ekor kambing jenis etawa di daerah ini bisa mencapai 30 juta rupiah sementara sapi bisa mencapai harga diatas 100 juta ruopiah. Presiden jokowi bahkan pernah memesan sapi milik warga untuk hewan qurban yang dikirim ke jawa timur.
Salah satu juri Kontes Ternak, agung nugroho, mengatakan pihaknya menilai seluruh kambing dan sapi yang ikut kontes. Berbagai penilaian dilakukan mulai kepala, ekor, bulu, kaki, dan lainnya.
“Ada juga penilaian secara kuantitatif seperti ukuran badan ternak. Lebar pinggul. Panjang telinga khusus untuk kambing. Untuk usia ternak yang diikutkan kontes sekitar 2 tahun,” jelas dia.
Untuk tahun ke dua kontes ternak ini, kategori yang dilombakan diantaranya kategori pejantan campuran, bakalan campuran, indukan campuran dan indukan perah. Sementara untuk kontes kambing diantaranya kelas pejantan PE, indukan PE, Bakalan PE jantan dan betina, bakalan domba, indukan domba dan kelas pejantan domba.

Leave a Reply