Home | News | Ribuan Warga Berebut 5 Kwintal Ikan Telaga Gemblegan

Ribuan Warga Berebut 5 Kwintal Ikan Telaga Gemblegan

Klatentv.com- Ribuan warga kabupaten klaten minggu pagi (30/08) berebut ikan disebuah telaga di desa gemblegan kecamatan kalikotes klaten. 5 kwintal ikan sengaja dilepas ke kolam untuk diperebutkan.
Pada pukul 10,15 WIB, ketika sirine dibunyikan oleh Wabup Klaten Hj Sri Hartini, pertanda dimulainya hajatan Pesta Rakyat, Golek Iwak, (mencari ikan bersama-sama). Sepontan tanpa diberi komando aba-aba, ribuan warga tumplek –bleg, menyemut, masuk ke kolam untuk mencari ikan dengan memakai berbagai peralatan seadanya berbentuk jaring.

Ribuan Warga Langsung Turun Kedalam Telaga Gemblegan Untuk Berebut Menangkap Ikan

Ribuan Warga Langsung Turun Kedalam Telaga Gemblegan Untuk Berebut Menangkap Ikan

Kolam desa, yang fungsi utamanya sebagai iarigasi tersebut, berubah bak lautan manusia, dari anak-anak hingga orang tua, laki-laki, perempuan semua tertawa-tawa sambil berebut ikan di kolam seluas 4 hektare milik desa setempat.
“Meskipun tidak mendapat ikan yang diharapkan, tapi bagi Wido Jarot (40) warga Tambak Sari, Gemblegan, mengaku puas bisa ramai-ramai bersama mencari ikan. “Kalau ikan lain kali masih bisa mencari, tapi kepuasan itu mahal harganya,” tegas Bapak satu anak ini, kapada Klatentv,com
Hal serupa juga di ungkapkan Warsinah (37), perempuan paruh baya warga Jogosetran ini mengaku, ikut pesta rakyat Desa Gemblegan, ingin mencari ikan yang berhadiah yang di sediakan oleh panitia. “Yaaah, Dewi Fortuna belum berfihak ke kita, jadi tidak membawa pulang hadiah, tapi senang,” katanya sembari berlalu.
Kepala Desa Gemblegan, Purwanto SE mengatakan pesta rakyat mencari ikan di kolam desa ini, adalah sebagai rangkaian perayaan HUT RI ke 70 dan agenda rutin tahunan yang di selenggarakan oleh pemerintah Desa Gemblegan. Pesta rakyat kali ini ikan yang di tebar kedalam kolan untuk diperebutkan warga sedikitnya 5 kwintal dengan jenis ikan, bawal, lele dan nila serta 9 ekor ikan master jenis bawal yang ditandai pita berhadiah. “Ada sembilan ikan master berhadiah yang diperebutkan warga,”ujarnya.
Pesta rakyat tahun ini, kata purwanto, untuk kali kedua diselenggarakan. Adapun hadiah yang diperebutkan, hadiah utama Sepeda Gunung, TV, Kompor Gas, HP dan lainnya. Kedepan kami akan mengevaluasi, acara rutin tahunan ini agar lebih baik dan ada peningkatan, baik jumlah ikan yang di tebar maupun hadiah yang diperebutkan sehingga antusias warga tetap terjaga. “ Untuk tahun depan pesta rakyat yang benar-benar merakyat ini, akan dikemas lebih baik, ” ungkapnya.
Sementara, Wakil Bupati Klaten Hj Sri Hartini, mengapresiasi acara tahunan perayaan pesta rakyat di Desa Gemblegan. Budaya ini kedepan agar lebih ditingkatkan pelaksanaanya, karena ini adalah aset pariwisata desa yang berdampak bisa meningkatkan PAD. “Tahun depan harus lebih ditingkatkan, karena acara ini adalah aset desa,”tandas Wabup.
Lebih lanjut, kata Wabup, kegiatan pengembangan perikanan khususnya di Desa Gemblegan harus dipertahankan sebagai salah satu potensi ekonomi dan pariwisata di wilayah Kabupaten Klaten. Seperti kita ketahui wilayah Kalikotes mempunyai potensi besar untuk budidaya perikanan karena di dukung oleh tersedianya air, lahan, sumber daya manusia, teknologi, sarana dan prasarana.
Selain itu wilayah ini juga mempunyai komoditas unggulan ikan air tawar dengan kondisi geografis yang strategis secara alamiah cocok untuk budidaya ikan air tawar. Saat ini pemkab juga telah mencanangkan Gemar Makan Ikan (GEMARI). “Dengan program Gemari, daerah-daerah penghasil ikan, seperti Desa Gemblegan di harapkan bisa memaksimalkan nilai target produksi,” pungkasnya.
Dalam kesempatan ini selain Wabup Hj Sr Hartini, juga Cawabup, Hj Sri Mulyani, Camat, Muspika dan Muspida juga hadir menyaksikan perayaan pesta rakyat mencari ikan. Pada kesempatan yang sama, Wabup sekaligus Cawabup Sri Hartini, berkenan memberikan taliasih, berupa uang Rp 20 ribu kepada pencari ikan yang masih balita. (der)