Home | News | PNS Pemkab Klaten Kumpulkan Abu Vulkanik

PNS Pemkab Klaten Kumpulkan Abu Vulkanik

KlatenNet – darto_ pemkab klaten bersihkan abu 1.wmv_000060899darto_ pemkab klaten bersihkan abu 1.wmv_000050379darto_ pemkab klaten bersihkan abu 1.wmv_000023779darto_ pemkab klaten bersihkan abu 1.wmv_000003099Ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Klaten melakukan pembersihan abu vulkanik, di kompleks pemerintahan Pemkab Klaten(18/2). Sejak dilanda hujan abu pada jumat, hingga selasa ini aktifitas perkantoran pemkab klaten belum pulih.

Pembersihan sisa abu vulkanik Gunung Kelud, dilakukan seluruh pegawai Pemkab Klaten, termasuk kepala dinas dan juga asisten Sekda Kabupaten Klaten. Pembersihan dilakukan dengan menyemprotkan air bertekanan tinggi kesejumlah bangunan maupun pohon di kompleks perkantoran Pemkab Klaten. Sementara, untuk lumpur yang berada disepanjang jalan maupun halaman, digunakan alat pengeruk yang biasa digunakan untuk sektor pertanian.

Meski melibatkan seluruh pegawai Pemkab Klaten,  bagi PNS yang mempunyai tugas pelayanan langsung bagi publik atau tugas yang lain mendapatkan pengecualian. Saat membersihkan abu vulkanik, para PNS juga telah mempersiapkan plastik dan puluhan karung,  untuk mengumpulkan abu vulkanik yang telah dikikis dari permukaan ubin trotoar maupun dipinggir jalan.

Kegiatan membersihkan abu vulkanik dari Gunung Kelud tersebut tidak hanya dilakukan oleh PNS, dari beberapa SKPD yang berkantor di kompleks tersebut. Namun,  sejumlah petugas pemadam kebakaran dan tim search and rescue (SAR) Klaten juga ikut terjun.