Home | News | Merapi Batuk Lagi, Hujan Abu di Lereng Radius 6 Km

Merapi Batuk Lagi, Hujan Abu di Lereng Radius 6 Km

KlatenNet – Aktivitas Gunung Merapi meningkat. Senin pagi(10/3) terjadi letupan atau hembusan asap tebal setinggi 1.500 meter dari puncak Merapi. Akibatnya, terjadi hujan abu relatif tebal di sekitar lereng yang berada di radius enam kilometer.
Sejumlah warga tampak berjaga di sekitar Posko Induk pemantauan Gunung Merapi, di Dukuh Gondang, Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten, jawa tengah. Sesaat setelah letupan atau hembusan asap tebal sempat terjadi hujan abu di lokasi yang berada di sekitar enam kilometer dari puncak Merapi ini.
Hingga senin siang, masih tampak endapan abu vulkanik relatif tebal di sekitar lokasi. Selain mengendap di sejumlah kendaraan milik penduduk, endapan abu vulkanik juga masih tampak di dedaunan dan pohon-pohon.
Meski sempat sedikit panik, aktivitas warga Lereng Gunung Merapi akhirnya kembali normal. Warga Lereng Merapi yang umumnya bertani dan beternak sapi, kembali menjalankan kegiatan mereka tanpa rasa was-was. Walau begitu/ warga tetap terus waspada/ bila sewaktu-waktu terjadi peningkatan aktivitas gunung merapi.