Breaking News
Home | News | MENAKAR PELUANG CABUP CAWABUP KLATEN 2020

MENAKAR PELUANG CABUP CAWABUP KLATEN 2020

KOTA(KLATENTV.COM)-Pesta demokrasi yang bertajuk pilkada serentak 2020 tinggal menghitung hari. Partai-partai mulai meningkat eskalasi kesibukannya membuka dan menutup pintu kantor.

Para kontestan semakin intens menghitung ulang teori probabilitas, tim sukses semakin sering mengajukan proposal anggaran untuk melancarkan misinya.

Relawan-relawan mengurangi tidur malam untuk memanfaatkan sekecil apapun peluang agar bisa diubah menjadi kesempatan. Pemilih-pemilih nakalpun mulai membuat parit-parit kalkulasi agar aliran uang lancar menghampiri.

Sebentar, jika Anda berpikiran bahwa status ini akan memetakan peluang kemenangan pasangan calon bupati dan bupati Klaten 2020 berdasarkan analisa njlimet semacam jasa survey atau pengamat politik, sebaiknya hentikan membaca sampai paragraf ini.

Karena pada bagian satu ini hanya akan menyajikan data traffic kemunculan group-group pendukung cabup cawabup berdasarkan kemunculannya di dinding facebook saya, hingga hari ini.

Yang jelas Sri Mulyani – Yoga yang memilih brand MULYO diuntungkan secara popularitas karena cabupnya incumbent atau petahana. Berikut group maupun perorangan yang menggunakan ikon Mulyo ;

1. Klaten MULYO (Mulyani + Yugo)
3,1 ribu anggota dengan jumlah postingan 180 perhari.

2. RELAWAN MULYO SATU KATA LANJUTKAN
1,4 ribu anggota memiliki frekuensi 100 postingan perhari.

3. Mulyo Klaten, 5 anggota

4. Mulyo Mulyani-Yoga (Bu Sri Mulyani)
kategori perorangan.

Berikutnya One-Fajri yang memiliki brand ORI. Cabup-nya -One Krisnata- pernah menjadi rival Sri Mulyani pada pilkada 2015. Berikut group maupun perorangan yang mengandung ikon ORI ;

1. ORi One fajri Dadi Bupati Klaten
3,2 ribu anggota dengan kepadatan traffic 90 postingan perhari

2. ORI One FAJRI Dadi Bupati
2,2 ribu anggota, rata-rata 60 postingan tiap hari.

3. Sahabat ORI ONE FAJRI
995 anggota, 10 postingan per hari.

4. Ori, kategori perorangan

5. Fanpage ORI ONE FAJRI
disukai oleh 9250.

Selanjutnya pasangan calon no urut 3, meskipun cabupnya termasuk pendatang baru di kancah perpolitikan Klaten, Harjanta cawabup-nya pemain lama pejabat elit di PDIP sehingga namanya relatif lebih familiar. ABY-HJT dipilih sebagai brand-nya ;

1. Sedulur ABY-HJT
2,9 ribu anggota, setiap hari rata-rata 50 postingan dalam group ini.

2. Sedulur ABY-HJT KEBONARUM DAN SEKITARNYA
memiliki 164 anggota, ada 2 postingan tiap hari.

3. Rumah ABY HJT
2,1 ribu anggota.

4. Aby-Hjt
disukai oleh 260 netizen

5. sedulur. aby_hjt
552 like

6. Sedulur ABY-HJT Prambanan
21 anggota, 10 postingan setahun.

7. POSKO TIGA JAYA
658 anggota.

Selebihnya silakan dianalisa menurut persepsi masing-masing Panjenengan. Karena tentu berbeda dengan pengalaman virtual pada dinding facebook yang berbeda pula.

Artinya sangat mungkin group-group, apalagi perorangan yang mengkampanyekannya dengan nama yang sama sekali tidak mengandung kata mulyo, ori maupun aby-hjt.

Tetapi ada yang cukup menggelitik, beberapa orang yang berteman dengan saya ternyata menjadi anggota dalam dua atau bahkan tiga group yang berbeda afiliasinya. Saya tidak akan menyebut nama dan tetap merahasiakannya.
(Penulis:Sugiyanto Harman)

Leave a Reply