Home | Event | Klaten Lurik Carnival HUT Klaten Ke-213

Klaten Lurik Carnival HUT Klaten Ke-213

KlatenTV.com – KLATEN, Klaten Lurik Carnival 2017 merupakan rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Klaten yang ke 213 dan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 72. Acara yang digelar pada besok hari Sabtu, 29 Juli 2017 mulai pukul 14.00 WIB di sepanjang Jl. Pemuda akan melintasi rute yang lebih pendek dari pada Klaten Lurik Carnival 2016 kemarin.

Mengapa demikian? Karena jarak yang ditempuh peserta pada tahun lalu terlampau jauh sehingga membuat acara Klaten Lurik Carnival berakhir pada malam hari. Para peserta menempuh jarak sekitar kurang lebih 2,7 km dengan berjalan kaki dari wilayah Monumen Juang ’45 sampai panggung kehormatan di depan Rumah Dinas Bupati tempat masing-masing peserta beratraksi. Pada tahun 2017 ini, panggung kehormatan didirikan di depan Gedung Sunan Pandanaran yang membuat jarak tempuhnya menjadi sekitar kurang lebih 2 km.

Pada tahun lalu, seluruh peserta mencapai garis finis sekitar pukul 18.00 WIB atau molor sejam dari jadwal yang ditentukan yakni pukul 17.00 WIB. Setelah para peserta mencapai finis di depan Gedung Sunan Pandanaran, mereka lantas berkumpul di Alun-alun Klaten. Karena di alun-alun panitia menyediakan tempat berfoto sehingga memungkinkan warga masyarakat Kabupaten Klaten dan sekitarnya dapat berfoto dengan para peserta Klaten Lurik Carnival. Selain itu, lurik dan batik hasil produksi UMKM akan dipajang di kawasan sekitar alun-alun.

Klaten Lurik Carnival 2017 diikuti oleh peserta dari 26 kecamatan, sembilan stakeholders seperti perusahaan-perusahaan di Klaten serta masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Masing-masing kontingen terdapat sekitar 20 model mengenakan kostum berbahan lurik. Berbeda dengan tahun lalu yang lebih banyak pangombyongnya / pendampingnya.

Anggaran untuk pelaksanaan Klaten Lurik Carnival 2017, Pemkab Klaten mengalokasikan anggaran untuk setiap kecamatan masing-masing sekitar Rp 15 juta. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Klaten Lurik Carnival tahun 2017 tak mendapat alokasi anggaran dari Kementerian Pariwisata.