Home | News | Klaten Gelar 22 wayang kulit serentak

Klaten Gelar 22 wayang kulit serentak

Klatentv.com—Masih dalam rangka memperingati HUT RI ke 70, Sabtu (29/8) di 22 kota kecamatan serentak menggelar wayang kulit sedalu natas. Sementara pusat pagelaran wayang bertempat di Alun-alun Klaten, dengan menampilkan dalang Ki Warseno Slenk, dengan mengambil cerita Abimanyu Gugur.
Ketua Panitia perayaan HUT RI, Kepala Dinas Pariwisata Klaten, Joko Wiyono (Jokowi) mengatakan selain untuk melestarikan budaya adiluhung wayang, karena Klaten terkenal dengan banyaknya dalang-dalang kondang yang berasal dari sini, juga untuk memberi apresiasi terhadap dalang-dalang muda untuk menunjukkan kebolehannya dengan cara pementasan. Tujuannya, untuk regenerasi, dalang yang ada di Klaten. “ Biar para dalang-dalang muda menunjukan keahliannya dalam ilmu pedalangan,” kata Jokowi.
Sementara, Bupati Klaten Sunarno mengapresiasi bibit-bibit dalang muda potensial yang bermunculan. Menandakan bahwa Klaten memang menjadi gudangnya para seniman pedalangan. “Bersama mari kita melestarikan dan nguri-uri budaya Adiluhung ini,”kata Bupati, usai membagikan piala dan piagam kejuaraan dalang cilik. (der)