Home | News | Kaum Ibu Lereng Merapi, Pahlawan Bagi Keluarganya

Kaum Ibu Lereng Merapi, Pahlawan Bagi Keluarganya

klatentv.com_Tinggal di lereng merapi membuat para kaum ibu menjadi sosok pahlawan tak kenal lelah bagi keluarganya. setiap hari, mereka harus turun gunung untuk mencarikan pakan ternak, sementara kaum lelaki sibuk mengais rezeki di lokasi penambangan material merapi.
Tak kenal lelah dari pagi hingga siang dibawah terik matahari, wanita setengah baya ibu Murtini, ibu trubus dan ibu Sukiyem setiap pagi buta menunggu tumpangan truk pasir yang selesai memuat maerial merapi, lengkap dengan mengenakan caping serta sabit mereka meninggalkan kampung halamannya.

Mereka tinggal di daerah Kemalang Klaten yang berjarak lumayan jauh sekitar kurang lebihnya 35 km ke daerah Delanggu Klaten.

Pagi yang masih terselimuti petang, pukul 03.00 wib ibu tersebut berangkat bekerja hingga selesai jam kerja pukul 14.00 wib, belum lagi perjalanannya memakan waktu 1,5 jam, Namun bisa dibayangkan hembusan angin pagi diwaktu 03.00 wib yang mungkin bisa menusuk tulang bagi orang yang menjalaninya.

Berangkat dari Kemalang ke Delanggu, mereka numpang truk yang sudah bermuatan pasir dengan posisi bak tanpa peneduh, ibu itu berangkat mencari jerami untuk pakan ternak peliharaannya sebagai sumber serat pangan bagi hewan ternak mereka.

Saat ditanya Kapolsek Delanggu AKP I Made Hartana masalah pulangnya. “Kami pulang tetap menggunakan truk tapi tak bermuatan pasir sambil membawa jerami yang sudah kami dapatkan, dengan biaya perjalanan masing-masing orang Rp 25.000,” jawab ketiga ibu itu.

Adzan Dzuhur berkumandang, “Akhirnya kami selesai berbincang-bincang serta berbagi rezeki makan siang guna menambah energi ibu itu dalam melanjutkan kerjanya,” jelas AKP I Made Hartana.

“Senyum tak pernah mengeluh itulah mereka, Berharap bahwa hidup ini penuh perjuangan, mari kita tingkatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas yang kita miliki, jangan pernah meremehkan orang lain karena mereka sangat berpengaruh besar,” pungkasnya.

(Diceritakan kembali oleh Kapolres Delanggu AKP I Made Redi H., Senin, 6 Juni 2016 )