Home | News | Ibu Hamil Tetap Harus Olah Raga

Ibu Hamil Tetap Harus Olah Raga

kota(klatentv.com)-Rumah Sakit Cakra Husada ( RSCH) Klaten mengadakan seminar Kelas ibu hamil, Jumat (25/10/2019) diaula lantai 3 RSCH Klaten. Kelas yang diikuti sekitar 30 ibu hamil ini mendatangkan pemateri dari instruktur senam yoga hamil dari yoga first serta materi pijat sehat bayi dari Johnson n Johson.
Direktur utama RSCH Klaten, dr. Netty Herawati, Sp.OG. Menjelaskan menimba ilmu tentang kehamilan sangat diperlukan oleh ibu hamil demi mendapatkan hamil yang sehat demi anak yg lebih sehat dan cerdas.
“Masa kehamilan merupakan masa membahagiakan, 9 bulan menjadi masa yang sangat berharga sehingga membuat calon ibu cemas. Itu normal sehingga harus prepare untuk kelancaran kelahiran hari H.” Jelas netty Herawati.
Ditambahkan Netty herawati, dalam menjalani kehamilan, Ibu hamil harus bugar, sehingga olah raga sangat perlu karena masa kehamilan membutuhkan fisik yang kuat. Yoga prenatal atau senam ibu hamil menjadi pilihan olah raga bumil tersebut. Olah raga melatih jantung, karena pada saat melahirkan ibu hamil harus berjuang keras sehingga mengeluarkan tenaga berlebih.
Pemateri dari Johnson n Johnson, Puspa menjelaskan merawat bayi setelah lahir bisa dilakukan sendiri oleh ibu si bayi. “Pijat bayi yang selama ini dilakukan oleh  Mbah dukun seperti di kampung kampung, bisa dilakukan sendiri karena ada ilmunya. Dengan pijat, bayi lebih rileks, mudah tidur, Deket ibu, serta lahap minum asi.” Ungkap Puspa.

Sementara praktisi yoga hamil dari Yoga first, Damayanti menjelaskan keluhan keluhan yang mulai dialami para ibu saat hamil akan hilang dengan sendirinya saat ibu hamil mulai berlatih yoga prenatal. Tidak hanya fisik, mental dan batin ibu hamil bahkan juga akan dibentuk di senam khusus ibu hamil ini.

” Menghilangkan ketakutan, menjalin ikatan antara ibu dan anak, berlatih pernafasan, berlatih fisik agar lebih bugar dan kuat, serta persalinan yang selamat, mudah dan sehat akan dipelajari dari sesi kelas yoga hamil ini”. Pungkas Damayanti.