Home | KlatenTV | hutan krikilan hangus terbakar

hutan krikilan hangus terbakar

klatentv.com- Warga yang bermukim di lereng perbukitan wilayah sisi selatan Kabupaten Klaten hingga kini terus waspada terhadap ancaman kebakaran hutan. Selasa malam (3/11/2015) kebakaran menghanguskan bukit krikilan dikecamatan bayat klaten. Kebakaran cepat menjalar sebab ketebalan sampah daun hutan semakin tinggi dan kering.

Kobaran api di hutan bukit krikilan ini sempat mengancam pemukiman warga yang hanya berjarak kurang daro satu kilometer, beruntung warga yang dibantu tim relawan dengan sigap mampu menjinakan sijago merah menggunakan peralatan seadanya.

Menurut keterangan salah seorang relawan, agus awalnya kobaran api sulit dijinakan dan hampir merembet ke rumah warga.

“Perbukitan luas yang ditumbuhi pohon jati dengan tumpukan daun kering dibawahnya membuat kobaran api semakin hebat, kami sempat kesulitan karena medannya juga cukup sulit,” ucap agus

Dengan menggunakan peralatan manual seperti sapu lidi serta dahan pohon basah, warga dan relawan akhirnya berhasil memadamkan api. Dibutuhkan setidaknya dua jam agar titik api padam. Meski hanya bisa dijinakan dengan peralatam manual, petugas pemadam kebakaran tetap disiagakan dengan mobil pemadamnya, langkah jni dilakukan karena semak dan daun kering masih berpotensi terbakar kembali.

Sementara, kadus satu desa tawangrejo, jarmanto mengungkapakan Meskipun selama ini warga sudah relatif sadar bahaya jika hutan terbakar, desa tetap menyosialisasikan ke warga. Di desanya, ada tiga bukit berupa lahan hutan di sisi selatan yang rawan terbakar.

” kondisi hutan semakin kritis sampah daun kering saja ada yang tebalnya setengah meter. Dengan ketebalan dan kondisi daun kering, sangat rentan tersulut api,” tuturnya.