Home | News | Hujan Deras Akibatkan Talut Sungai Ujung Longsor, Puluhan Rumah Terancam Banjir

Hujan Deras Akibatkan Talut Sungai Ujung Longsor, Puluhan Rumah Terancam Banjir

KlatenNet – Hujan deras kembali mengakibatkan longsor di sungai Ujung, Kuntulan, desa Pandes,Kecamatan  Wedi, klaten Minggu (14 /2) dinihari. Talut peRmanen sungai Ujung sepanjang 10 meter dengan ketinggian 3 meter longsor terbawa derasnya arus sungai.Akibatnya, bila tidak ditangani segera, tanggul rawan jebol dan air sungai akan membanjiri kampung disebelah tanggul bila hujan deras kembali turun.

Longsornya tanggul permanen tersebut diketahui oleh warga sejak Sabtu malam ketika arus sungai mengalami peningkatan.sebelumnya hujan deras sejak sabtu siang mengakibatkan volume air sungai terus meningkat. Menurut penuturan Guntur,65 tahun, warga Kuntulan, Pandes,Wedi, warga mendengar suara gemuruh ketika tanggul mulai terkikir longsor. Warga saat ini terus memantau kondisi tanggul yang longsor. Pasalnya hujan deras masih terus turun di sekitar sungai tersebut. Sungai ujung merupakan anak sungai Dengkeng yang mengalir dari Manisrenggo sampai sungai Dengkeng.

Sementara itu, Pihak BPBD kabupaten Klaten mengaku telah menurunkan tim memantau dan mengecek terjadinya longsor tersebut.Kepala BPBD Kabupaten Klaten Sri winoto menjelaskan, longsor tanggul tersebut karena derasnya arus sungai Ujung. Tanggul saat ini kondisinya kritis rawan jebol bila arus sungai ujung kembali meningkat. Pihaknya masih berkoordinasi dengan perangkat Desa dan Camat guna penanganan langkah langkah darurat.  

Sri winoto juga menambahkan untuk sementara warga meningkatkan kewaspadaannya karena musim hujan diperkirakan hingga akhir Maret. Warga diharapkan aktif memantau sewaktu waktu hujan deras.

Sementara itu, dari cctv pemantauan sungai  dengkeng  milik BPBD di bendungan Talang, Sabtu hingga Minggu sore menunjukkan peningkatan yang signifikan. Meski belum menunjukkan pada situasi yang mengkhawatirkan, namun dari cctv menunjukkan angka dari alat fiskal yang masih aman yakni dibawah 100 cm. Sri Winoto menjelaskan CCTV pemantaua Sungai Dengkeng bisa dilihat dan di akses di alamat web site cctvklaten.pehadia.com. Warga Klaten dan sekitarnya bisa bebas mengaksesnya untuk pemantauan Sungai Dengkeng.

HUJAN DERAS AKIBATKAN TALUT SUNGAI UJUNG LONGSOR, PULUHAN RUMAH TERANCAM BANJIR