Home | News | Gudang KPU overload, KPU Berburu Gudang Untuk Disewa

Gudang KPU overload, KPU Berburu Gudang Untuk Disewa

KlatenNet – Gudang penyimpanan logistik pemilu di Kantor Pemilihan Umum (KPU) Klaten saat ini over load akibat masih menumpuknya logistik pemilihan gubernur 2013. Jika dalam waktu dekat kpu klaten belum memperoleh gudang baru, dikhawatirkan surat suara pemilu legislatif yang rencananya akan tiba pertengahan februari nanti akan terbengkelai.
“Kami memang belum memiliki gudang logistik yang representatif sehingga masih mengandalkan sewa untuk sementara waktu. Saat ini saja, kami sudah menyewa rumah kosong yang ada di depan kantor KPU untuk gudang sementara,” ungkap Sekretaris KPU Klaten, Rohmat Sunarno.
Sebenarnya, ia ingin mencari gudang yang representatif sehingga logistik untuk Pemilu Legislatif bisa ditampung di dalam satu gudang. Namun, apabila itu sulit, terpaksa ia mencari beberapa tempat untuk gudang sementara. “Apalagi, direncanakan pada pertengahan Februari nanti, surat suara dan formulir untuk berita acara pemungutan suara Pemilu Legislatif sudah tiba,” tuturnya.
Di dalam pencarian gudang tersebut, ia menyatakan tidak mudah karena ada sejumlah pertimbangan. Seperti lokasi yang strategis karena sarana transportasi pengangkut yang menggunakan truk, tidak bocor, dan lokasi yang tidak terlalu jauh dari Kantor KPU agar pengawasannya mudah.
Ia menyatakan sebenarnya KPU Pusat memberikan kesempatan KPU di daerah untuk membangun gedung baru yang dilengkapi gudang logistik dengan total anggaran Rp1 miliar. Tapi, untuk pembangunan tersebut ada sejumlah syarat, salah satunya gedung KPU itu dibangun di atas tanah yang dihibahkan pemerintah daerah setempat.
“Kami sudah beberapa kali mengajukan permohonan hibah tanah ke Pemkab Klaten. Tapi, hingga saat ini belum disetujui. Dan status gedung KPU yang kami tempati ini masih berupa pinjam pakai sehingga kami belum bisa mengusulkan anggaran pembangunan ke KPU Pusat,” imbuhnya.
Saat ini,  sejumlah logistik Pemilu Legislatif yang sudah diterima KPU Klaten di antaranya kotak suara, bilik suara, alat tulis kantor (ATK), alat coblos, bantalan, dan gembok kotak suara. Juga tanda pengenal, sampul, dan stiker KPU.
Tabel Logistik yang sudah diterima KPU Klaten:
Bilik suara                                                           : 12.132 buah
Kotak suara                                                        : 12.132 buah
ATK KPPS                                                          : 3.003 paket
ATK PPS                                                             : 401 paket
ATK PPK                                                             : 26 paket
Alat coblos dan bantalan                              : 12.132 set
Gembok kotak                                                   : 12.132 buah
Tanda pengenal KPPS dan saksi                : 63.693 lembar
Stiker KPU                                                           : 12.132 lembar
Sampul surat suara dan berita acara         : 166.966 lembar