Home | News | Festival Tahu Bakso, Warga Kirab 15 Gunungan Bersisi 15 Ribu Tahu Bakso

Festival Tahu Bakso, Warga Kirab 15 Gunungan Bersisi 15 Ribu Tahu Bakso

klaten selatan (klatentv.com)- Sebanyak 15.000 tahu bakso yang dikemas dalam 15 gunungan ludes diperebutkan oleh ribuan warga dalam festival tahu bakso di Jetis, Klaten Selatan, Klaten. Festival tahu bakso digelar dalam upaya meresmikan desa jetis sebagai kampung tahu bakso.
Belasan gunungan itu beraneka bentuk mulai replika kapal hingga kambing maupun angka 73 tahun kemerdekaan ri. Seluruh gunungan berisi tahu bakso yang dihiasi sayuran seperti sawi, kacang panjang, tomat, dan cabai lalu di raak keliling kampung sejauh hampir 10 KM.
Setelah tiba Kembali di kampung, Warga dipersilakan “menyerbu” gunungan. Lebih kurang 15.000 potong tahu bakso yang menghiasi belasan gunungan langsung diperebutkan warga. Kesuksesan festival tahu bakso tersebut rencananya akan ditindaklanjuti dengan pemecahan rekor MURI. Hal ini disambut baik oleh Bupati Klaten Sri Mulyani yang hadir dalam acara tersebut.
Ketua panitia, Anggun Nasir Tsalasah, mengatakan tahu bakso yang menghiasi gunungan merupakan sumbangan dari para perajin tahu bakso di Jetis dan Trunuh. Masing-masing perajin minimal menyumbang 20 tahu bakso. Kirab gunungan tahu bakso kali kedua digelar muda-mudi One Plus beserta warga Desa Jetis dan Desa Trunuh, Kirab juga dimaksudkan untuk menegaskan kembali jika dua desa yang saling berbatasan tersebut merupakan sentra produksi tahu bakso di Klaten.