Home | Techno | Femak Teknologi Penghemat BBM Lokal Kwalitas Internasional

Femak Teknologi Penghemat BBM Lokal Kwalitas Internasional

Bagaimana prinsip kerja FEMAX Fuel Saver?
Prinsip kerja FEMAX Fuel Saver adalah dengan merespon molekul hidrokarbon BBM dengan induksi medan magnet sehingga kualitsa bensin lebih baik dan menghasilkan pembakaran lebih sempurna. Hal ini terjadi karena FEMAX Fuel Saver mampu menggetarkan ikatan kimia rantai atom hidrokarbon dalam senyawa BBM sehingga menjadi lebih reaktif.

Mengapa kualitas baker BBM dapat mempengaruhi pembakaran sempurna?
Kualitas bakar BBM dipengaruhi berbagai hal, yaitu homogenitas, sifat fisika dan sifat kimia. Homogenitas BBM yang kurang baik dapat disebabkan terkontaminasi dengan uap air, tercampur dengan minyak tanah dan tercampur dengan logam atau senyawa lain yang menurunkan kualitas baker BBM. Yang dimaksud dengan sifat fisika BBM antara lain titik didih, titik uap dan nilai Research Octane Number (RON) yang menurun sehingga mengurangi kesempurnaan pembakaran. Yang dimaksud dengan sifat-sifat kimia BBM antara lain besar kandungan belerang dan besar kandungan timbal (TEL) yang tidak proporsional. Hal itu dapat menurunkan kualitas bakar BBM yang menyebabkan BBM tidak mudah terbakar, berkurang nilai panasnya (calor value), titik nyala (flashing point) sehingga pembakaran tidak terjadi secara sempurna. Pada keadaan tertentu menurunnya kualitas bakar BBM dapat menyebabakab berkurangnya efisiensi dan kemampuan mesin.

Apa yang diperoleh dari pembakaran sempurna?
Dengan pembakaran sempurna maka tenaga (power) akan lebih besar maka akselerasi kendaraan akan lebih besar dan pembakaran sempurna menghasilkan gas beracun CO, CO2 dan HC lebih sedikit.

Bagaimana hubungan kualitas dan kuantitas BBM dengan putaran mesin per menit (RPM)?
Pemakaian BBM sebanding dengan tenaga yang dihasilkan berupa momen putaran mesin (dengan satuan RPM). Semakin bagus kualitas dan kuantitas BBM yang dipompa ke ruang bakar maka akan menghasilkan tenaga (RPM) yang semakin besar. Dalam kenadaan normal kendaraan dijalankan pada 1500-2500 RPM. Pada putaran 3000-4000 RPM biasanya digunakan untuk akselerasi memindah gigi perneling atau dalam keadaan jalan menanjak. Sedangkan untuk 5000 RPM ke atas sudah memasuki putran kritis biasanya untuk memlaui tanjakan yang tinggi dan beban yang berat. Putaran mesin yang tinggi selalin mengkonsumsi BBM dalam jumlah besar juga mempercepat arusnya onderdil mesin. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mengemudikan kendaraan pada RPM yang rendah dan memindahkan gigi persneling pada saatnya.

Bagaimana hubungan putaran mesin per menit (RPM) dengan efisiensi panas (thermal) mesin?
Efisiensi panas mesin mempengaruhi proses pembakaran sempurna dalam mesin. Pada RPM tinggi ruang bakar membutuhkan pasokan BBM dengan kualitas dan kuantitas yang bagus, jikalau kualitas BBm tidak bagus maka efisiensi panas mesin menjadi kecil sehingga mesin tidak efisien dalam melangsungkan pembakaran.

Bagaimana hubungan kualitas BBM dengan komposisi gas buang kendaraan?
Kualitas BBM yang baik akan menghasilakan komposisi gas buang yang ramah lingkungan. Penurunan kadar gas Carbon Mono Oksida (CO) yang termasuk kategori B3 yang berbahaya dan beracun, hal ini dapat diminimalisasikan dengan melakukan “treatment” BBM.

Bagaimana FEMAX Fuel Saver bis menghemat BBM?
Kita ambil sebuah contoh, sebuah mesin kemndaraan pada kendaraan sebelum dipasang Solenoida Power engine keadaan stasioner pada 750-850 RPM. Setelah dipasang FEMAX Fuel Saver keadaan stasioner meningkat menjadi 1000-1100 RPM hal ini karena peningkatan kualitas BBM sehingga pembakaran lebih sempurna. (Keadaan ini disebabkan momen putaran mesin/RPM lebih besar karena power mesin menjadi lebih besar akibat pembakaran sempurna). Apakah kita butuh 1000-1100 RPM untuk keadaan stasioner? Tentu tidak, karena cukup 750-850 RPM keadaan sudah stasioner, maka yang mesti harus dilakukan adalah dengan mengecilkan aliran BBM agar kembali ke keadaan stasioner. Dengan demikian berarti sudah menghemat BBM tanpa mengurangi tenaga mesin.

Berapa persen penghematan BBM yang dapat dilakukan oleh FEMAX Fuel Saver?
Berdasarkan pengujian pada kendaraan bermotor dilakukan pada beberapa jenis engine dari motor roda dua sampai mobil penghematan berkisar 15-30%. Hasil Uji pada Laboratorium Jurusan Teknik Otomotif Unuversitas Negeri Yogyakarta dengan menggunakan mesin Mitsubishi Colt. T-120SS 4 silinder dapat dijasikan standar dimana diperoleh hasil yaitu terjadinya peningkatan efisiensi thermal hingga 23 point. Hasil Uji dengan Honda GL Pro 156 cc dapat dijasikan standar dimana diperoleh hasil terjadinya penghematan pemakaian bensin sampai 16%.

Apa penyebab perbedaan persentase penghematan antara kendaraan?

Kecepatan aliran BBM. Artinya bahwa makin lambat aliran maka BBM akan mengalami induksi magnet lebih lama sehingga molekul hidrokarbon akan teresonansi dengan lebih baik.
Adaptasi pengemudi. Artinya bahwa pengemudi yang sering memakai RPM tinggi maka aliran BBM akan lebih cepat sehingga molekul BBm hanya terinduksi magnet secara sangat singkat. Akibatnya FEMAX Fuel Saver tidak akan bergungsi maksimal.

Bagaiamana kualitas komposisi gas buang?
Berdasarkan hasil pengujian laboratorium, secara jelas terjadi penurunan kadar emisi gas buang CO, HC, dan CO2 dan terjadi peningkatan pada kadar O2. hal ini dapat dipahami karena terjadi proses pembakaran yang lebih sempurna.

Bagaimana garansi FEMAX Fuel Saver?
Garansi diberikan berupa penggantian produk baru (untuk cacat produksi) atau uang kembali 100 % jika FEMAX Fuel Saver tidak memberikan satupun dari 10 manfaat yang ditawarkan, yaitu: Meningkatkan performa mesin, meningkatkan efisiensi mesin, meningkatkan akselerasi, mesin awet muda, menghemat konsumsi BBM, mengurangi emisi gas buang, menghaluskna suara dan getaran, ruang bakar bersih dari kerak, mudah dirangkai dan tidak ada efek negative terhadap mesin. Mengingat adanya variasi efisiensi BBM untuk berbagai kendaraan maka tidak diebrikan garansi tingkat efisiensi 25% (tergantung treatment alat ke BBM).

Kendaraan apa yang bisa dipasang FEMAX Fuel Saver?
Pada dasarnya semua jenis kendaraan/mesin/alat sepanjang menggunakan, BBM/gas, baik jenis motor bensin, solar, maupun gas dan disesuaikan denga jenis FEMAX Fuel Saver yang disediakan.

Berapa macam FEMAX Fuel Saver yang ada?
Terdapat 4 macam Power Fuel yaitu untuk kendaraan dibawah 500 cc digunakan jenis kecil, untuk kendaraan 500-3000 cc digunakan jenis sedang, sedangkan untuk kendaraan bermesin diesel da berbahan bakar solar digunakan jenis besar. Disamping itu juga tersedia untuk bahan bakar Gas/Elpiji. Apabila pemasangan satu buah bahan bakar FEMAX Fuel Saver dianggap kurang, bisa disambung seri untuk mengahsilkan efisiensi lebih besar dan efek berlipat.