Home | News | Cegah Kampanye Negatif, Bawaslu Klaten Gandeng Kepemudaan Lintas Agama
Kepemudaan Lintas gama Melakukan penandatanganan komitmen bersama menjadi pengawas partisipatif serta menolak politik uang.

Cegah Kampanye Negatif, Bawaslu Klaten Gandeng Kepemudaan Lintas Agama

Kota (klatentv.com)- Guna mewujudkan pemilu yang bersih, tranparan dan berintegritas, baik dari sisi penyelenggara maupun penyelenggaraannya Bawaslu Klaten, Selasa (27/11/2019) menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif bersama pemuda lintas agama di hotel grand Cokro Klaten. Partisipasi masyarakat, terutama generasi muda sangat diperlukan untuk mengawasi jalannya pemilukada 2020

Menurut ketua Bawaslu Klaten, Arief Fatkhurrokhman mengatakan pengawasan pilkada ini menjadi sangat luas. Untuk itu, pengawas pemilu mengajak peran serta pemuda untuk menjadi mitra pengawas pemilu dalam pengawasan partisipatif bermartabat dan berkualitas pemilu sejak awal.

“Untuk itu diperlukan partisipasi seluruh pihak dapat mengawal proses pelaksanaannya berjalan sesuai dengan aturan yang ada,”kata Arief Fatkhurrokhman.

Dengan jumlah personil penyelenggara yang terbatas maka bisa mengalami kesulitan dalam hal pengawasan. Oleh karena itu dibutuhkan peran serta masyarakat untuk menyampaikan informasi dalam melakukan pengawasan Pemilukada.

Ditambahkan, keterlibatan masyarakat dan organisasi kepemudaan dalam hal Pemilukada bisa dilakukan dengan beberapa cara. Antara lain, ikut melakukan upaya pencegahan dan pelaporan bila terjadi  politik uang (money politic),  kampanye hitam (black campaign) dan kampanye negatif (negative campaign) dalam pemilu, identitas mereka nantinya juga akan disembunyikan.

Dalam sosialisasi ini juga dilangsungkan penandatanganan komitmen bersama menjadi pengawas partisipatif serta menolak politik uang.
(Djatie)

Leave a Reply