Home | News | BUMDES dompol Study ke Gantiwarno

BUMDES dompol Study ke Gantiwarno

Kemalang,klatentv.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Dompol 29/04 melakukan kunjungan belajar ke BUMDES Desa Ngandong Kecamatan Gantiwarno. Kunjungan itu dipimpin langsung oleh Kepala Desanya Kuntadi dan Kaur Pembangunan Tulus.

Mereka berangkat bersama tujuh pengurus BUMDES Desa Dompol pukul 08.00 wib sampai Balai Desa Ngandong jam 08.45 wib.

Kedatangan mereka diterima langsung oleh Kepala Desa Ngandong Surat. Selanjutnya Surat selaku Kepala Desa Ngandong mengucapkan selamat datang kepada Rombongan dari Desa Dompol. Lalu kuntadi selaku Kepala Desa mengucapkan trimakasih atas diterimanya dan belajar pengelolaan BUMDES di Desa ngandong.

Selanjutnya Surat menceritakan sejarah berdirinya BUMDES Desa Ngandong dan apa yang dicapai dari tahun berdirinya 2009 hingga 2016 yaitu dari modal 70 juta menjadi sekitar 700 juta selama tujuh tahun.
Dia juga menerangkan mulai 2013 telah mendapatkan hasil dari BUMDES sebagai pendapatan Asli Desa (PADes) 1,5 juta, 2014, Rp.5 juta dan tahun 2015 Rp.10 juta. Dan telah mampu memberikan honor dua orang yang tahun pertama hanya Rp.300 ribu/bulan x 2= Rp.600 ribu, saat ini honor dua staf BUMDes lebih dari UMR Kabupaten Klaten.

Sementara itu Dewi dan Widi selaku staf menerangkan masalah pengelolaan dan pembukuan dan materi-materi yang berkaitan tentang BUMDesa. Selanjutnya Dewi dan Widi secara bergantian menerangkan Perdes dan aturan aturan BUMDesa. Kunjungan belajar diakhiri pukul 11.00 wib