Home | News | Bpcb Jateng luncurkan t shirt panorama candi Plaosan

Bpcb Jateng luncurkan t shirt panorama candi Plaosan

Prambanan, (klatentv.com)_Balai pelestarian cagar budaya Jateng meluncurkan hasil produk sablonase ikon candi Plaosan di pelataran candi Plaosan, Bugisan Prambanan Klaten, Selasa (25/7/2016). Produk sablonase dalam kaos tersebut diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan warga sekitar serta mendongkrak wisata candi Plaosan.
Sebelum melouncing produk kaos khas candi Plaosan ini, selama dua Minggu BPCB telah memberikan pelatihan kepada l 12 peserta dari warga sekitar situs.
wpid-img_20160726_101634_hdr.jpg
“Materi pelatihan diantaranya teknik desain kaos, teknik Sablon, serta cara menghitung keuntungan. Harapannya candi Plaosan memberikan dampak positif perekonomian warga sekitar,” ungkap ketua panitya Deni wahyu Hidayat.

Sementara kepala Bpcb Jateng menyebutkan dengan pelatihan ini diharapkan warga dapat mengembangkan dirinya dan memperkaya khasanah produk sablon. Produk yang dihasilkan selanjutnya dapat dinikmati dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar candi.

“Tidak boleh situs dilestarikan namun masyarakatnya sengsara,” jelas kepala BPCB Jateng Tri Hartono.

Bpcb Jateng sebelumnya telah memberdayakan masyarakat di sekitar candi sojiwan kebondalem kidul prambanan klaten dengan batik sojiwannya.
BPCB Berharap kaos dengan gambar candi Plaosan ini dapat dibawa pengunjung ke seluruh negeri. Dalam louncing ini sejumlah relawan yang berasal dari berbagai negara ikut ambil bagian dengan menjadi peraga busana kaos Plaosan.
Keberadaan candi Plaosan memiliki bentuk istimewa karena Plaosan di kelilingi sebuah parit yang jarang dimiliki candi lainya. Selain itu panorama candi plosan juga sangat eksotik. Tak heran jika candi yang dibangun oleh dua agama tersebut disebut surganya para photografer.