Home | News | Belum Serahkan APBDes, siltap di 391 Desa molor

Belum Serahkan APBDes, siltap di 391 Desa molor

Kemalang,(klatentv.com)- Sampai pertengahan minggu ke dua bulan april 2016 sebanyak 391 desa di klaten belum bisa mencairkan Alokasi Dana Desa (ADD) karena pemerintah desa belum menyerahkan APBDes 2016.
Menurut Sarjoko salah satu pegawai kantor Pemberdayaan Masyarakat (bapermas) menjeleskan bahwa sebagian besar pemerintahan Desa terkendala di laporan APBDes 2016.
” karena itu adalah syarat dari pencairan ADD, kalau APBdes belum diserahkan ke kami, ADD ya belum di cairkan,” ungkapnya senin (11/4/2016).
Selanjutnya sarjoko menegaskan, sebenarnya ratusan desa itu sudah bisa menerima dana segar dari pemerintah bulan maret kemarin, namun syaratnya APBDes sudah clear.

Dengan tertundanya ADD secara otomatis penghasilan tetap (siltap) para perangkat desanya juga molor.

Sementara menurut pemantauan di kecamatan Kemalang salah satunya Desa Balerante APBDesanya belum selesai, menurut keterangan salah satu perangkat desa setempat, Cahyono pemerintah desa terkendala penyusunan APBDes karena mengalami perubahan dibanding tahun sebelumnya.
“Systim pembuatan APBD antara 2015 dan 2016 sudah berbeda sehingga kami agak mengalami kesulitan,” ungkapnya.

Namun hal berbeda diungkapkan salah seorang perangkat Desa Tangkil, sekalipun APBDesa Tangkil sudah selesai dan sudah disrahkan ke BAPERMAS, tetapi ADDnya juga belum dicairkan, saat ditanyakan, pihak bapermas beralasan masih dalam proses.**