Home | News | Apem Jatinom Akan Jadi Menu Sajian Utama Di Kabupaten
Gunungan Apem Diarak Saat Perayaan Yaqowiyyu

Apem Jatinom Akan Jadi Menu Sajian Utama Di Kabupaten

Klaten – Harapan pelaku usaha apem Jatinom untuk menjadikan menu sajian utama dalam rapat atau penerimaan tamu di lingkungan Pemkab Klaten mendapat lampu hijau Plt Bupati Klaten. Pelaksana tugas (Plt) Bupati Klaten Sri Mulyani justeru ingin potensi makanan lokal khas Klaten salah satunya apem Jatinom sebagai menu hidangan utama di lingkungan Pemkab Klaten. Sinyal positif itu disampaikan Plt Bupati Klaten di sela-sela kegiatan menerima tamu di ruang kerja Wakil Bupati Setda Klaten (Kamis 26/01).
Plt Bupati Sri Mulyani sangat senang jika apem Jatinom bisa lebih populer. Bahkan ia berharap apem Jatinom bisa menjadi makanan oleh –oleh khas bagi para wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Klaten. Tidak saja wisatawan religi di Makam Ki Ageng Gribig, tapi bagaimana nanti setiap masyarakat setiap melintas di wilayah Kabupaten Klaten langsung teringat apem Jatinom terus berkenan singgah dan menjadikan buah tangan bagi sanak saudara. Kalau demikian apem Jatinom bisa menjadi tuan rumah di wilayah sendiri dan mengangkat perekonomian masyarakat Klaten khususnya warga Jatinom. Jaka Sawaldi Sekretaris Setda Klaten juga mendukung jika apem Jatinom menjadi hidangan kabupaten. Nantinya rekanan penyedia menu hidangan untuk menyajikan apem Jatinom sebagai bagian sajian. Yang tak kalah penting tambah Jaka Sawaldi adalah kualitas dan citarasa harus dijaga.
Murtaqie Lurah kelurahan Jatinom pernah berharap apem Jatinom bisa setenar air zam-zam seperti orang pulang haji meneteng air suci itu sebagai oleh-oleh bagi peziarah Makam Ki Ageng Gribig. Masyarakat Jatinom juga berharap apem Jatinon menjadi menu utama sajian di lingkungan Pemkab Klaten. Pamor apem Jatinom yang tenggelam bisa terangkat bahkan mampu menggerakan ekomomi rakyat jika tungku-tungku warga yang biasa membuat apem Jatinom itu menyala terang walaupun ditengah malam karena banyak menerima pesanan.