Home | News | Antisipasi banjir, pemkab canangkan gerakan kali bersih

Antisipasi banjir, pemkab canangkan gerakan kali bersih

klatentv.com__ Berbagai kangkah antisipasi banjir terus dilakukan pemkab klaten, Sabtu pagi esok (13/2/2016) pemkab klaten melalui BPBD klaten akan mencanangkan Gerakan Kali Bersih. Ribuan Warga,TNI/Polri,Relawan,Pemkab Klaten ikut terjun membersihkan sungai.
Guna mengembalikan fungsi sungai yang bebas banjir dan sampah,ribuan warga, TNI/Polri, Relawan, bersama pemkab Klaten, sabtu pagi esok (13/02) melakukan launching gerakan bersih sungai di Klaten. Ribuan peserta ini sebelumnya akan ikut apel siaga banjir di alun alun klaten untuk kemudian disebar ke lima sungai di Kota klaten untuk melakukan bersih bersih sungai.
Selain itu, gerakan bersih sungai terus digeber demi mencegah penyebaran nyamuk demam berdarah dengue (DBD) dan penyakit zika . Selain menangkal nyamuk mematikan, langkah itu dilakukan juga untuk memperlancar saluran irigasi.
Menurut Penjabat (Pj) Bupati Klaten Jaka Sawaldi pemkab akan berusah keras untuk mengembalikan fungsi sungai di klaten. Kejadian di klaten dua minggu terakhir dimana banyak sungai yang meluap dan tanggul jebol, penyebabnya adalah banyaknya sampah dan kritisnya tanggul serta pendangkalan sungai.
Pihaknya mengajak seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) serta relawan di Kabupaten Klaten, warga masyarakat, TNI/Polri, relawan serta semua pihak untuk yang terlibat.

Sementara itu, pejabat Sekda Klaten, Purwanto Anggoro Cipto, mengatakan bahwa gerakan bersih sungai ini mempunyai tema, Gelar Bersih kaliku, Klatenku bersih, Hijau, sehat dan Bebas Banjir.
“Setelah launching nanti akan diteruskan ke kecamatan kecamatan hingga kewilayah desa desa di Klaten. Untuk launching Gerakan kali bersih ini akan difokuskan di lima titik, yakni Kali Lunyu, Kali Grogok,Kali Jaliden, kali Kacang Ijo dan Kali Jalidin.” papar purwanto jumat (12/2/2016).**